Selasa, 05 Januari 2010

MELINDUNGI KOMPUTER TANPA ANTIVIRUS

Virus....Siapa Takut...
Sepertinya bagi para pemula dalam bidang komputer hal tersebut sudah bisa diucapkan karena saya mempunyai cara mutakhir untuk berantas virus tanpa antivirus.Berikut adalah caranya.
          Pertama, sebaiknya user menonaktifkan pengaturan hidden pada folder sehingga fili-file yang tersembunyi bisa kelihatan semua. Bagi yang tidak tahu caranya silahkan pilih tab tools - folder option - view - hidden files and folders, lalu tinggal dipilih yang show hidden files and folders. Dari situ kita bisa melihat manakah file- file yang mencurigakan yang tersembunyi dalam hardisk kita atau tidak.
          Kedua, munculkan file extensinya. Cara setting file extensinya yaitu silahkan pilih tab tools - folder option - view - hidden files and folders, lalu tinggal dipilih yang show files extention. Dari situ kita bisa mengecek apakah exstensi dari file tersebut sesuai dengan extensi yang sebenarnya atau hanya rekaan. Contoh file yang rekaan atau gadungan yaitu misalkan di folder musik kita ditemukan file yang ikonnya microsoft word tapi ekstensinya scr,exe, dll. Kemungkinan besar file itu adalah virus yang menyamar dan untuk keamanan langsung saja hapus file tersebut dan jangan dibuka.
           Ketiga, jangan lupa untuk back-up rutin harddisk anda, sehingga jika salah menghapus file yang dikira virus maka bisa langsung dikembalikan.
           Keempat, nonaktifkan fungsi autorun yang ada di flasdisk supaya tidak digunakan oleh virus untuk mengkopi dirinya keharddisk.
           Tetapi semua itu juga tergantung kepada diri masing - masing, karena kebanyakan orang ada yang ceroboh dan langsung membuka file yang tidak diketahui secara pasti file apa itu.Padahal file tersebut bisa saja virus yang menyamar dan bisa merusak komputer anda. Berikut adalah cara melindungi komputer tanpa antivirus, mudah - mudahan bisa membantu para korban - korban virus.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar