Rabu, 02 Desember 2009

PENTINGNYA KOMUNIKASI

Dari sejak dahulu kala, mahluk hidup telah melakukan interaksi antar sesama mahluk hidup dengan berbagai cara seperti menggunakan suara atau bahasa tubuh lainnya. Interaksi yang terjadi antara mahluk hidup tersebut biasa kita sebut dengan komunikasi. Komunikasi sampai saat ini masih merupakan sesuatu yang berperan penting dalam kehidupan bermasyarakat khususnya bagi umat manusia karena melalui komunikasi tersebut kita bisa melakukan tukar pikiran kepada orang lain, kita bisa bekerjasama dalam tim jika tercipta komunikasi yang bagus didalam sebuah tim, kita juga bisa bertahan hidup dengan komunikasi, dan kita juga bisa mencari keuntungan dari komunikasi.

Bagi orang yang mempunyai kemampuan komunikasi yang bagus maka orang tersebut bisa memanfaatkan kemampuannya untuk mendapatkan keuntungan. Contohnya seperti presenter, salesman, guru, dan masih banyak lagi lainnya. Mereka bisa mendapatkan keuntungan dari kemampuan mereka dalam berkomunikasi karena mereka bisa membuat orang menjadi tahu dan tertarik.

Untuk berkomunikasi antar manusia juga terdapat berbagai cara seperti bicara empat mata atau face to face, mempresentasikan, dan kita pun bisa menggunakan tulisan.
Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang salah satu cara berkomunikasi antar manusia dengan cara presentasi. Untuk mempresentasikan sesuatu terdapat tips supaya orang menjadi percaya, tidak bosan dan presentasi menjadi lancar.

Berikut ini adalah tipsnya:

  1. Anda harus mempelajari materi / bahan yang akan diperbincangkan supaya anda menjadi lancar dalam menyampaikan sesuatu.
  2. Jika anda takut lupa dengan bahan yang akan dibicarakan, anda dapat menulis ide - ide pokok pada kertas. (Tips ini hanya bagi orang yang akan mempresentasikan sesuatu didepan khalayak ramai.)
  3. Saat melakukan presentasi usahakan supaya eye contact anda terjaga, supaya anda tetap fokus dan pendengarnya juga serius dalam mendengarkan.
  4. Usahakan juga supaya anda menggunakan bahasa tubuh seperti gerakan tangan dan bisa mengkolaborasikan bahasa tubuh anda sesuai dengan bahan perbincangan.
  5. Anda harus percaya diri. Ini merupakan bagian yang tersulit karena kebanyakan orang tidak mempunyai kepercayaan diri yang tinggi, tetapi banyak juga yang kepercayaan dirinya tinggi.

Hanya itu yang bisa saya disampaikan tentang "Pentingnya Komunikasi", saya harap kita semua bisa berfikir positif dan yakin bahwa kita semua bisa menjalani hidup dengan kepercayaan diri. "LIFE NOT JUST FULL OF COOPERATIVE, BUT ALSO FULL OF COMPETITIVE". Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar